Membuat dan Menggunakan Prefab, GameObject, Rigidbody, dan Material pada Project Unity
Halo semuanya, di kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana membuat dan menggunakan prefab untuk pemrograman permainan. Dimana Prefab merupakan sebuah GameObject yang disimpan ke dalam Assets, yang nantinya bisa dimanfaatkan menjadi GameObject kembali. Kemudian penggunaan fungsi Instantiate() di dalam script C# untuk membuat GameObject secara runtime. Serta penggunaan Rigidbody dan pembuatan material.
Ide game yang akan dibuat kali ini cukup sederhana yaitu membuat Prefab dari sebuah GameObject dan mendaftarkannya sebagai sebuah variable public agar dapat dibuat ulang berkali-kali oleh fungsi pemanggil. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi yang sering digunakan dalam pembuatan game.
Langsung saja kita mulai, pertama buka software Unity 3D kalian. Kemudian buatlah project baru di Unity dan pastikan project yang digunakan adalah Game 3D.
- Membuat Project
Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject > 3D Object > Plane lalu ubah namanya menjadi Lantai1.
Kalian dapat mengatur posisi Main Camera dan plane menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga Kamera dapat melihat lantai dengan jelas berada di bawah. Tambahkan plane kedua, ganti namanya menjadi Lantai2 dan atur scalenya. Angkat posisi Lantai2 sedikit ke atas dan atur kemiringannya sehingga mirip seperti gambar berikut.
Klik Lantai2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject > Create Empty Child. Ubah namanya menjadi TitikJatuh kemudian atur posisinya menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga sedikit di atas Lantai2 seperti gambar berikut.
Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik
menu GameObjects > 3D Object > Sphere dan ganti
namanya menjadi MyBall.
Tambahkan sebuah gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets > Import New Assets, lalu pilih salah satu gambar yang ada di komputer kalian. Dari panel Assets, drag gambar tersebut menggunakan mouse lalu letakkan pada MyBall sehingga terlihat seperti di bawah ini.
- Menggunakan Rigidbody
Klik MyBall dan tambahkan RigidBody dengan cara klik menu Component > Physics > Rigidbody. Rigidbody adalah sebuah komponen penting yang dapat membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.
- Membuat Physic Material
Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets > Create > Physics Material dan beri nama Bounce. Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.
Kita kembali ke GameObject MyBall, tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall.
- Membuat Prefab
Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy ke panel Assets.
Jika Prefab MyBall sudah dibuat, kalian dapat menghapus GameObject MyBall dari tab Hierarchy, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets. Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script.
- Membuat Script
Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini.
Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang kalian suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh dan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall.
Jalankan Games dan klik tombol "Buat Bola" atau tekan tombol "space" berkali-kali. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik. Beginilah cara Unity membuat GameObject secara runtime sekaligus menjaga kestabilan penggunaan memori pada Komputer.
Kesimpulan, pada kesempatan kali ini kita telah membahas cara membuat dan menggunakan prefab untuk program permainan. Cara menggunakan fungsi Instantiate() di dalam script C# untuk membuat GameObject secara runtime. Kemudian mempelajari penggunaan Rigidbody dan juga mempelajari cara membuat dan menggunakan material.
Semoga apapun yang kita dapat di kesempatan kali ini menjadi manfaat dan berkah untuk kita semua. Pembuatan artikel ini masih jauh dari kata sempurna, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.
Note: Penulisan artikel ini sebagai salah satu bentuk tugas pada mata kuliah Pemrograman Permainan di Universitas Budi Luhur. Silahkan kunjungi website kampus kami di https://www.budiluhur.ac.id.











Komentar
Posting Komentar